LANGKAH PENTING MEMULAI BISNIS 1 - Pentingnya Business Model

11:00 Unknown 0 Comments


Maukah Anda memiliki bisnis yang sukses ??

Tentu apabila kita mendapat pertanyaan seperti itu kita akan menjawab "mau".

Apa yang harus dilakukan untuk memiliki bisnis yang sukses ??

Namun apabila kita mendapat pertanyaan yang kedua tidak sedikit dari kita tidak mengetahui, bingung atau ragu untuk menjawab pertanyaan tersebut.

disini saya akan sedikit memberikan pengetahuan yang saya dapat dari apa yang telah saya pelajari yang semoga memberikan bayangan untuk Anda dalam menjawap pertanyaan kedua di atas, mariii ikuti dan jangan bosan membacanya.. :D

Sering kita melihat suatu bisnis yang baru berdiri, tidak begitu lama setelah bisnis itu berdiri bisnis tersebut gulung tikar, keba
nyakan usaha/bisnis yang berlangsung sebentar tersebut dijalankan oleh pemula yang baru memulai bisnis, atau mereka yang masih minim pengalaman.
Dalam memulai suatu bisnis tentu saja kita harus merencanakan Bisnis Model anda dengan matang dan detail, hal tersebut untuk mengurangi resiko kegagalan dalam menjalankan bisnis nantinya.

Bagaimana sih Bisnis Model yang baik itu ??
muncul lagi pertanyaan .. hehe

Ada yang dikenal dengan Business Model Canvas ( BMC ). BMC ini membantu kita untuk berfikir secara terstruktur dan detail mengenai hal-hal penting yang harus kita analisa untuk memulai suatu bisnis, maka BMC dapat di ibaratkan sebagai blueprint ( bukan bluefilm lo :D ) untuk struktur bisnis Anda.

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan BMCdalam ini diantaranya :
1. Perencanaan model bisnis yang lebih baik dan terstruktur;
2. Sarana untuk menuangkan ide dan menganalisanya;
3. Mempermudah diskusi dalam team;
4. dan lain-lain.

Bapak Ir. Antonius Tanan, MBA., MSC., MA. menyampaikan
Dalam Bisnis Model tentunya harus benar-benar matang yang mana matang disini adalah kita yakin ini akan berhasil itu intinya.
Bisnis Model menolong kita untuk menentukan kualitas nilai-nilai yang kita tawarkan yang dapat menjawab kebutuhan customer., sehingga customer beranggapan bahwasannya produk yang kita jual adalah produk yang berkualitas. Disini kita harus mengetahui pola pikir costumer kita, faktor-faktor apa sajah yang dapat customer berpikir produk kita berkualitas dan layak beli.

Contoh pola pikir kebanyakan pelanggal/customer dalam menentukan bahwasannya suatu produk dinilai berkualitas dan layak untuk di beli.
apabila:
1. Harga Mahal + Nilai Lebih = Mungkin Beli
2. Harga Sama + Nilai Sama = Mungkin Beli
3. Harga Kurang + Nilai Kurang = Munhkin Beli
4. Harga Mahal + Nilai Sama = Tidak Beli
5. Harga Sama + Nilai Kurang = Tidak Beli
6. Harga Mahal + Nilai Kurang = Tidak Beli
7. Harga Sama + Nilai Lebih = Beli
8. Harga Kurang + Nilai Sama = Beli
9. Harga Kurang + Nilai Lebih = Beli
tentu hal tersebut di atas secara rasional dan dari kebanyakan pola pikir customer.

Nah, waktu kita mengembangkan Bisnis Model kita harus bisa membayangkan customer akan masuk dalam daerah BELI, kita harus memikirkan nilai-nilai sedemikian rupa sehingga customer yakin akan kualitasnya sepadan dengan pengorbanan yang diberikan dalam bentuk uang, bahkan lebih menguntungkan dibandingkan dengan uang yang dia keluarkan/korbankan.

Bisnis Model juga membantu kita untuk bisa memikirkan bagaimana caranya menurunkan cost sehingga harganya bisa kita jual lebih murah atau nilainya lebih baik dari kompetitor kita. BMC menuntun kita menciptakan nilai-nilai berkualitas yang dibutuhkan pelanggan dengan harga bersahabat.

Jadi sangat penting sekali dalam memulai bisnis, kita rencanakan terlebih dahulu apa yang ingin kita tawarkan kepada pelanggan begitu juga dengan valuenya.
Penting untuk kita mempelajari dan memahami Bisnis Modelnya kompetitor kita dan tentu Bisnis Model kita harus lebih baik dari Bisnis Modelnya kompetitor kita.

Mungkin dicukupkan sekian postingan kali ini karna jempol saya sudah mulai kaku :D (ngetik di hanphone) tetap ikuti postingan selanjutnya mengenai 9 blok penting dalam Business Model

Terimakasih semoga bermanfaat, salam pengetahuan.
Assalamualaikum. Wr. Wb.

0 comments: